*Khusus rubrikasi berlangganan
REGULASI | KLINIK MINERBA E-MAGAZINE | FOKUS TAMBANG Sign in
TAMBANG, 21 April 2011 | 09.04
Menteri ESDM Marah Ditanya West Madura Dan Divestasi PTNNT

Darwin Z Saleh

Abraham Lagaligo
abraham@tambang.co.id

Jakarta TAMBANG. Kasus pengalihan interes blok minyak West Madura Offshore dan divestasi saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) ternyata cukup menyita emosi Menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh.

Saking emosinya, Sang Menteri sampai marah-marah kepada wartawan, saat ditanya dua persoalan itu, Kamis, 21 April 2011. Kemarahan Darwin, terlihat jelas dalam transkrip yang nyasar terkirim ke milis energymineral@yahoogroups.com.

Direktur Eksekutif Indonesia Resources Studies (IRES) Marwan Batubara menilai, kemarahan itu menunjukkan Sang Menteri tidak siap menjawab. Khususnya untuk kasus West Madura Offshore, kata Marwan, emosi Darwin semakin memperkuat indikasi adanya penyelewengan, dalam pengalihan saham ke PT Sinergindo Citra Harapan dan Pure Link Investment Ltd.

Berikut transkrip wawancara wartawan dengan Menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh pada Kamis, 21 April 2011 (ditampilkan secara utuh);

selamat hari kartini pak...?
-selamat hari kartini.

pak west madura gimana pak?
-apa itu? bertanya yang cerdas yang pinter, tapi sebelum bertanya browsing dlu sudah browsing belum?

west madura katanya 2013 bakal jadi pertamina..?
-kalo terllau teknis tanya ke bu evita ya..

newmont?
-newmont kan itu sudah di menteri keuangan yah, jadi tindak lanjutnya di menkeu. men esdm kapan diperlukan tugasnya akan segera menjalankan.sejauh ini sudah selesai tugas esdm.

daerah akan diakomodir?misalnya dikasih setengahnya apa gimana..
-tuh kan, bertanya tapi gak mendengar yang dijawab tadi. tugas kami itu sudah kelar, jadi tanyakan ke menkeu, menjawabnya ada di situ.

pak kuasa pertambangan kan ada di esdm, soal perpanjangan..perpanjangan divestasi..itu ada pertimbangan dari menteri esdm, itu kan skupnya ada di esdm..
-sejauh belum ada ketuntasan pada waktu batasnya, kemen esdm itu memberikan waktu lagi. tentu saya berkonsultasi juga dengan menko saya karena memang terus terang kegiatan divestasi bukan hanya kemen esdm, kemen esdm jalankan fungsi terbatas, kemudian dilanjutkan dengan kementerian lain yang menjalankan fungsi terbatas. kita semua koordinasi sama pak menko.

pak yang...(gak kedengeran..)
-itu tadi, nanya tapi gak didenger..

tapi belum bapak jabarkan pertimbangannya apa..
-saya gak mau jawab lagi lho kalau kalian bertelinga tapi gak mendengar..saya ulangi ya, saya ulangi ya, matanya denger nih, matanya, bukan hanya telinga...
-pertimbangannya adalah sejauh sampai batas waktu itu belum dituntaskan negosiasi, maka diperlukan waktu lebih panjang supaya ada keleluasaan menteri keuangan untuk menindak lanjuti,itu lho pertimbangannya.

apa kendalanya..sehingga...
-saya gak mau jawab lagi, anda gak mendengar..

bukan pak, tadi bapak bilang ada kendala...
-saya sudah cukup, saya gak akan jawab kamu kalo kamu gini, saya jelasin lagi nih, pasti sama..

udah pak, udah...cuma kendalanya gak jelas..
-kalo kendala ditanyakan sama yang negosiasi,,gitu lho.tau gak..

antara daerah dan menkeu?
-iya dong, jangan ke saya, kalo ke saya waktunya diberi apa..? memperpanjang, karena itu...apa ya kendalanya, apa? tanya sama yang bernegosiasi..paham gak..?
-ini hari kartini ni, kalian tolong lebih cerdas dalam mengajuka pertanyaan. saya ingin bangsa saya maju , wartawan2 saya maju...saya juga seorang guru lhoo sebelum jadi men esdm, saya lagi berkepentingan bangsa ini maju. jadi if you ask, browsing dulu, waktu anda bertanya garis bawahnya harus bener2 jelas apa yang ditanya,,gitu lho.kalo keliatan seperti gak smart gitu,maaf ya, mendingan kerjain pr dulu masing2 nanti saya kerjain pr saya.

pak pembahasan bbm subsidi tadi gimana?
-itu sebabnya tadi gak dibuka karena terbatas, tapi yang jelas men esdm dan jajaran sesuai dengan desakan dari kom vii atas nama rakyat untuk makin efektifkan peran pengendalian dengan aturan yang ada di tangan..ini semoga dari waktu ke waktu supaya kita yang intensif ini bisa memberikan hasi yang berbeda.

di abnp juli nanti ada kemungkinan lakukan pengaturan yang lebih kongkrit, kan ada isu yang naik premium sampa 6500..
-ini yang saya gak mau jawab nih..karena dasaranya satu udah isu..

yang dari menko itu...
-tanya sama menko, menkonya beliau tanya ke beliau..

pertimbangan dari esdm gimana? katanya komisi xi bilang anggaran bakal membengkak..
-langkah kesdm adalah langkah yang didasarkan pada hasil rapat dengan dpr. langkah yang berdasarkan pada apbn. itu adlah terus meningkatkan pengendalian, itu ada dua. pertaman dengan ubah aturan, tapi kalo ubah aturan dilihat dari timingnya itu bleum saatnya, karena adanya disparitas yang tinggi begitu juga akan kendalai efektif kita, maka dengan aturan yang ada pemerintah lakukan sebaik2nya langkah dengan cara perkuat bph, bph itu berdasarkan uu, dia mengawasai pelaksanaan distribusim kemudian pertamina juga kita perkuat, kita lihat kendalanya apa. pemerintah dalam hal ini bareng bph dan pertamina melakukan di wilayah supply side, memberitahu mengubah lifestyle masyarakat dalam arti dia harus tahu beli premium itu pada dasarnya menggunakan subsidi bbm hak rakyat yang kurang mampu, jadi bagi mereka yang merasa mampu mereka harus batasi diri mereka sendiri, karena uu nya batasan aturannya demikian

kalo perhitungan perubahan icp gimana pak? kan minyak naik..
-itu rekomendasi dari dirjen migas,...selamat hari kartini ya..bye.

icon