*Khusus rubrikasi berlangganan
REGULASI | KLINIK MINERBA E-MAGAZINE | FOKUS TAMBANG Sign in
TAMBANG, 06 Desember 2011 | 18.47
Toba Sejahtera Siap Bangun PLTU Mulut Tambang Di Kaltim

Luhut Binsar Pandjaitan

Saefuddin
saefuddin@tambang.co.id

Jakarta - TAMBANG. Komisaris dan pemilik PT Toba Sejahtera, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, perusahaan siap membangun Pembangkit Listrik Mulut Tambang di Kalimantan Timur. Saat ini, perusahaan tinggal menunggu izin pemerintah dan jika lancar maka di akhir 2012 atau di awal 2013 perusahaan siap memulai konstruksinya. Hingga kini, belum ada kepastian mengenai daerah di Kaltim yang akan menjadi lokasi tambang tersebut.

"Pembangunan pembangkit mulut tambang ini merupakan salah satu upaya kita untuk memenuhi DMO 25 persen. Jadi kita usulkan ke pemerintah untuk kita bisa bangun Mine Mouth di Kaltim dan kalau lancar kita bisa segera mulai bangun di akhir 2012 atau awal 2013," ucapnya saat konferensi pers di Jakarta, Selasa 06 Desember 2011.

Pembangkit tersebut direncanakan memiliki kapasitas 2x125 Megawatt dan akan menyedot sekitar 1 juta ton batubara per tahun. "Pembangkit ini juga kita maksudkan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Kaltim yang masih kekurangan," ungkapnya.

Diakuinya, saat ini perusahaan hanya tinggal menunggu keputusan pemerintah untuk memberikan izin pembangunan pembangkit listrik mulut tambang ini. "Kita sudah siap, tinggal sekarang tunggu pemerintah saja," tegasnya.

Diketahui, PT Toba Sejahtera sendiri memiliki empat fokus industri yaitu batubara dan pertambangan, minyak dan gas, pembangkit listrik swasta, dan perkebunan/kehutanan.

Di industri batubara dan pertambangan, perusahaan memiliki enam konsesi tambang yang dimiliki masing-masing oleh anak perusahaan PT Toba Bara Sejahtera, PT Kutai Energi, PT Adimitra Baratama Nusantara, PT Indomining, PT Trisensa Mineral Utama, PT Kimco Armindo, dan PT Pancaran Surya Abadi. Semua konsesi berlokasi di Kalimantan Timur.

icon
Berita Lain
06 Desember 2011 | 18.47
IPA Sumbang 14 Truk Sampah di Jakarta
06 Desember 2011 | 18.47
PGN Ingin Serius di Sektor Hulu
06 Desember 2011 | 18.47
Newmont Siap Berproduksi Kembali