*Khusus rubrikasi berlangganan
REGULASI | KLINIK MINERBA E-MAGAZINE | FOKUS TAMBANG Sign in
TAMBANG, 11 Mei 2012 | 14.16
235 IUP Lolos CNC Tahap Ketiga

Heriyono
heriyono@tambang.co.id

Jakarta-TAMBANG. Ditjen Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM pada 9 Mei lalu tetah mengumumkan daftar perusahaan yang telah masuk kategori clean and clear (CNC) tahap ketiga untuk rekonsiliasi izin usaha pertambangan (IUP).

Dirjen Minerba Kementerian ESDM Thamrin Sihite mengatakan, pengumuman CNC tahap ketiga telah memenuhi syarat yang ditetapkan dalam UU No 4/2009 dan PP No 23/2010.

“Adapun syarat yang telah dipenuhi adalah, wilayahnya tidak tumpang tindih, serta sokumen SK IUP sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Thamrin, seperti dilansir dari situs resmi Ditjen Minerba, hari ini.

Thamrin menjelaskan, ada 235 perusahaan yang lolos masuk kategori CNC tahap ketiga. Dia melanjutkan, bagi IUP yang diumumkan lolos CNC, dalam waktu 30 hari setelah pengumuman wajib, bagi IUP yang saat ini telah melakukan tahapan eksplorasi wajib menyampaikan bukti setor iuran tetap sampai dengan tahun terakhir.

Sementara bagi IUP yang masuk ke dalam tahapan operasi produksi wajib menyampaikan persetujuan UKL, UPL/AMDAL, menyampaikan laporan eksplorasi lengkap dan studi kelayakan, dan menyampaikan bukti setor pembayaran iuran tetap dan iuran produksi (royalti) sampai dengan tahun terakhir.

“Apabila dalam jangka waktu yang sudah ditentukan pemegang IUP tidak menyampaikan dokumen sebagaimana dimaksud, pemegang IUP tidak akan diberikan sertifikat clear and clean,” jelas Thamrin.

Menurut Thamrin, bagi IUP yang belum diumumkan, Ditjen Minerba masih melakukan verifikasi kelengkapan dokumen dari pemberi izin dan akan dilakukan pengumuman secara bertahap bagi IUP yang sudah memenuhi syarat.



icon