*Khusus rubrikasi berlangganan
REGULASI | KLINIK MINERBA E-MAGAZINE | FOKUS TAMBANG Sign in
TAMBANG, 14 Mei 2013 | 09.52
Freeport Gelar Perundingan Perjanjian Kerja Bersama Serikat Kerja

Subkhan AS
subkhan@majalahtambang.com

Jakarta-TAMBANG. Manajemen PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Pengurus Unit Kerja-Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan- Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PUK-FSP KEP SPSI), kemarin, Senin 13 Mei 2013, menggelar perundingan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Perundingan yang digelar untuk ke-18, periode 2013-2015 untuk mencari kesepakatan mengenai prosedur dan tata-tertib perundingan.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Rozik B. Soetjipto, mengaku pihaknya akan terus berkomitmen untuk melakukan perundingan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam UU ketenagakerjaan di Indonesia.

PTFI akan terus mengedepankan semangat kerja sama dan niat baik dalam perundingan, sebagaimana telah ditunjukkan pula oleh kedua pihak dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya dalam ruang lingkup Lembaga Kerjasama Bipartit (LKS Bipartit), ujar Rozik B. Soetjipto dalam keterangan persnya di Jakarta.

Sejauh ini, Rozik B. Soetjipto mengaku, pihak manajemen telah melaksanakan berbagai macam pembahasan, guna mencapai kesepakatan bersama melalui wadah LKS Bipartit bersama anggota PUK-FSP KEP SPSI.

Dirinya berharap, perundingan dengan anggota PUK-FSP KEP SPSI dapat berjalan secara konstruktif dan produktif.

Nantinya, jika kedua pihak yang bernegosiasi menyepakati mengenai prosedur dan tata-tertib perundingan, proses selanjutnya adalah untuk mengadakan serangkaian pertemuan yang bertujuan untuk merundingkan hal-hal yang terkait dengan substansi utama dalam perundingan.

Sebelumnya, di Perjanjian Kerja Bersama (PKB)ke 17 (periode 2011-2013) telah disepakati pada bulan Januari 2012. Klausul yang tercantum dalam PKB telah mengakomodir aspirasi pekerja, dengan adanya kenaikan upah pokok sebesar 40% dalam periode dua tahun.

Angka kenaikan tersebut, menurut manajemen PT Freeport Indonesia jauh di atas ketentuan rata-rata kenaikan upah pokok nasional sebesar 10-11% per tahun.

Perjanjian Kerja Bersama (PKB), merupakan perjanjian hasil perundingan antara serikat pekerja yang tercatat pada instansi yang bertanggung jawab dibidang ketenagakerjaan dengan pengusaha. Dengan memuat syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Pelaksanaan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) ini mengacu pada ketentuan yang tertuang dalam UU Tenaga Kerja No.13/2003.

icon