*Khusus rubrikasi berlangganan
REGULASI | KLINIK MINERBA E-MAGAZINE | FOKUS TAMBANG Sign in
TAMBANG, 20 Juni 2011 | 10.11
Beritakan Kerusakan Alam Akibat Pertambangan

Saya menyarankan hendaknya Majalah TAMBANG juga memberitakan tentang kerusakan lingkungan akibat pertambangan. Termasuk juga dampak alat berat dan bom yang digunakan untuk memperkosa alam ini, yang dilakukan perusahaan pertambangan. Karena tidak ada perusahaan yang tidak merusak lingkungan.

Hormat,

Pengirim: Bustomi
Timika – Papua
Email: busto_mi@yahoo.co.id
Diposting: 16 Juni 2011

Jawab:

Terima kasih atas masukan dari Sdr Bustomi. Sebenarnya Majalah TAMBANG telah banyak mengungkap berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh pertambangan yang tidak bertanggung jawab. Namun sebagai media dengan motto “Jembatan Solusi” yang kami beritakan selalu disertai dengan solusi apa yang harus ditempuh untuk menciptakan pertambangan yang bertanggung jawab.

Memang sifat dasar kegiatan pertambangan adalah mengubah bentang alam. Namun apabila berbagai peraturan terkait reklamasi dan rehabilitasi lahan, serta prinsip Good Mining Practice dipatuhi, maka kerusakan yang diakibatkan bisa diminimalisir. Bahkan pada banyak kasus, alam justru kembali lebih baik setelah reklamasi dan rehabilitasi lahan dilakukan perusahaan tambang.

Untuk itu, kami senantiasa mengkampanyekan kegiatan pertambangan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kaidah Good Mining Practice. Kami tidak segan-segan pula membeberkan dosa-dosa perusahaan tambang yang tidak bertanggung jawab. Masukan dari Anda semakin memacu kami untuk menyuguhkan yang terbaik untuk pembaca.

Salam, Redaksi

icon