*Khusus rubrikasi berlangganan
REGULASI | KLINIK MINERBA E-MAGAZINE | FOKUS TAMBANG Sign in
TAMBANG, 31 Desember 2011 | 19.30
Berita Soal Tambang Bahan Galian Golongan C

Saya pembaca website Majalah TAMBANG dan pelangganan Majalah TAMBANG dan berdomisili di Bogor. Dari banyak artikel Majalah TAMBANG, saya jarang sekali membaca artikel tentang penambangan untuk bahan galian Golongan C diangkat ke publik. Saya berharap publik juga mengetahui betapa pentingnya bahan galian Golongan C, cara penambangannya, dan seluk beluk tentang Good Mining Practice untuk bahan Galian C. Terima kasih.

Pengirim: Kurniawan
Bengkulu Bogor, Jawa Barat
Email: developing85@yahoo.co.id
Diposting: 31 Desember 2011

Yth. Sdr Kurniawan

Terima kasih atas masukan Saudara. Memang harus kita akui pertambangan bahan galian Golongan C yang dalam undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 dimasukkan sebagai mineral bukan logam dan batuan, kurang mendapat perhatian dari publik maupun pemerintah. Perhatian kita lebih banyak tersedot pada mineral logam dan batubara yang sedang naik daun saat ini.

Padahal jika dikelola dengan benar, mineral bukan logam dan batuan dapat menyumbangkan penerimaan yang tidak sedikit bagi Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Juga dapat menopang perkembangan serta kemajuan industri nasional.

Meski dengan porsi yang masih kecil, kami berusaha mengangkat persoalan mineral jenis ini dalam beberapa kesempatan, diantaranya pada Majalah TAMBANG (cetak) Edisi Agustus 2010. Juga pada website Majalah TAMBANG pada Juli serta Agustus 2010. (Lihat dua Link berita di bawah ini). http://www.tambang.co.id/detail_berita.php?category=18&newsnr=2930 http://www.tambang.co.id/detail_berita.php?category=18&newsnr=2972

Pada 25 November 2011 kami kembali mengangkat dua berita seputar mineral non logam dan batuan. Lihat: Sumber Daya Pasir Kuarsa Di Indonesia Mencapai 18 Miliar Ton http://www.tambang.co.id/detail_berita.php?category=18&newsnr=5034 dan
Mineral Non Logam Banyak Timbulkan Konflik Di Daerah http://www.tambang.co.id/detail_berita.php?category=18&newsnr=5036

Pada Majalah TAMBANG Edisi Januari 2012 (cetak) yang sekarang sedang dalam proses finalisasi, kami juga akan menyajikan laporan seputar mineral non logam dan bahan galian batuan pada Rubrik Komoditi. Ke depan kami pun berharap bisa memotret lebih jauh tentang potensi mineral non logam ini, agar jangan sampai menjadi kekayaan alam yang terlupakan dan dianaktirikan.

Salam hormat,
Redaksi


icon