*Khusus rubrikasi berlangganan
REGULASI | KLINIK MINERBA E-MAGAZINE | FOKUS TAMBANG Sign in
TEKNOLOGI
TAMBANG 22 Februari 2010 | 12.02
Survey Tambang: Dari Udara Mengintip Perut Bumi
[bSurvei dengan pesawat terbang kini menjadi trend di seluruh dunia. Lebih murah dan lebih cepat. Sebagian besar wilayah Indonesia belum disurvei.

TANPA banyak gembar-gembor, di Sulawesi dewasa ini tengah berlangsung kegiatan cukup penting bagi dunia survei dan pertambangan: pemetaan geoid. Proyek ini dilaksanakan berdasar kerjasama antara Badan Koordinasi Survei Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) dengan Denmark Technology University (DTU). Rencananya, tak hanya Sulawesi yang diukur. Tahun 2010, giliran Kalimantan. Setelah itu, Irian Jaya, Sumatera, dan Jawa (2011 dan 2012), serta Bali, NTT, NTB, Maluku (2013).

TAMBANG 24 November 2009 | 14.02
Teknologi Offshore Wind-Farm: Menuai Bayu di Hamparan Biru
Laut Utara, sekitar 30 km lepas pantai Denmark, kini menjadi ladang yang sangat subur untuk membudidayakan tenaga angin. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) bernama Horns Rev II sudah diresmikan pengoperasiannya beberapa waktu yang lalu, saat benua Eropa memasuki musim gugur. Kerajaan Denmark, sebuah negara Skandinavia yang hanya berpenduduk 5,5 juta jiwa, kembali mencatatkan rekor dengan mewujudkan proyek offshore wind-farm terbesar di dunia. Deretan 91 unit turbin angin berjajar rapi di tengah laut, untuk menghasilkan hingga 210 MW tenaga listrik yang dapat dialirkan ke 200.000 rumah tangga.
TAMBANG 02 Oktober 2009 | 21.33
Bulan Duka Tambang Dalam
Kengerian masih tergambar di wajah Saur Maruli Silalahi. Pria berusia lebih setengah abad itu mengaku masih trauma, membayangkan saat-saat berada di dalam goa tambang batubara PT Dasrat Sarana Arang Sejati. Meski hanya sepuluh meter dari mulut tambang, alumnus University of Queensland itu cukup bisa merasakan situasi tak aman di tambang bawah tanah tersebut. ”Bukan gasnya yang membuat saya ngeri, tiang-tiang penyangganya pun terlihat sangat rapuh,” tuturnya kepada Majalah TAMBANG, Selasa, 30 Juni 2009.
TAMBANG 17 April 2009 | 16.48
Melirik Gambut Untuk Listrik
Gambut mulai dilirik sebagai sumber energi. Adalah PT Sebukit Power yang mulai berancang-ancang membangun proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbahan dasar gambut dengan kapasitas 3x67 megawatt (MW). Lokasi PLTU gambut tersebut akan dibangun di Mempawah, Kalimantan Barat. Rencananya paling lambat September 2009 proyek akan bergerak.
TAMBANG 15 Januari 2009 | 21.09
PAMA Melirik Ban
Sejauh ini, setiap hari mampu memproduksi 2 buah ban, tetapi akan sangat tergantung pada luka atau sobekan yang ada pada ban. Semakin kecil atau sedikit luka atau sobekan akan semakin cepat, begitu juga sebaliknya.hingga sejauh ini, permintaan ban 80 persen untuk kapasitas truck 100 ton. Sementara sisanya untuk 200 ton.