*Khusus rubrikasi berlangganan
REGULASI | KLINIK MINERBA E-MAGAZINE | FOKUS TAMBANG Sign in
TAMBANG TODAY
TAMBANG 26 November 2013 | 10.22
Pastikan Pasokan, Gubenur Sumut Cek Sumur Gas Pertamina EP
Jakarta-TAMBANG. Guna memastikan penyaluran pasokan gas untuk kebutuhan industri dan listrik di daerahnya, Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho, menyambangi Sumur Gas Benggala yang dikelola oleh PT Pertamina EP.
TAMBANG 25 November 2013 | 17.21
Produksi Minyak Tidak Terganggu Kontrak Blok Siak
Jakarta-TAMBANG. Hampir habisnya kontrak pengelolaan blok Siak oleh PT Chevron Pacific Indonesia yang mencapai batas akhirnya pada 28 November mendatang diyakini tidak akan mengganggu target produksi minyak. Hingga kini, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih belum dapat memastikan terkait perpanjangan kontrak.
TAMBANG 25 November 2013 | 16.06
Pemerintah Baru Menggarap Roadmap Gas Domestik
Jakarta - TAMBANG. Ketiadaan peta jalan (roadmap) pemanfaatan gas untuk domestik membuat pemanfaatan gas dalam negeri menjadi kurang maksimal, dan menyulitkan kepastian bagi investor, pemasok, serta konsumen. Menyadari hal tersebut, pemerintah pun segera mengupayakan penyusunan sebuah peta jalan yang melibatkan Kementerian ESDM, SKK Migas, PT PGN (Persero), Tbk, dan PT Pertamina Gas (Pertagas).
TAMBANG 25 November 2013 | 14.49
Hilirisasi, Jadikan Indonesia Barometer Pertambangan Mineral Global
Jakarta-TAMBANG. Kebijakan hilirisasi yang diamanat UU Minerba 2009 masih terganjal oleh kesiapan industri pengolahan dalam negeri. Meski demikian banyak pihak menilai kebijakan ini akan menguntungkan Indonesia. Salah satunya Oxford Policy Management yang memberi pandangan positif terkait kebijakan tersebut. Dalam laporan bertajuk “Indonesia: Mining White Paper,” lembaga penelitian independen ini menilai ada peluang besar bagi Indonesia untuk mengambil peran dan pengaruh yang lebih besar di tataran pasar mineral dunia dengan adanya kebijakan hilirisasi mineral tambang.
TAMBANG 25 November 2013 | 12.54
AS Nilai Potensi Energi Terbarukan Indonesia Bisa Lebih Menarik Investor
Jakarta - TAMBANG. Amerika Serikat (AS) mengakui potensi sumber daya energi terbarukan Indonesia yang luar biasa, dan seharusnya bisa dikembangkan dengan lebih menarik investor swasta. Hal tersebut dikemukakan dalam forum United States-Indonesia Energy Investment Roundtable yang ke-3 (EIR3), yang resmi dibuka hari ini (25/11) di Jakarta.